Ikatan Papua Yogyakarta: “Softskill” Jawab Tantangan di Daerah

by

YOGYAKARTA, TruePapua.com – Mahasiswa sebagai agen perubah (agent of change) diharapkan mampu menjawab tantangan global yang sedang mengancam eksistensi kehidupan masyarakat di daerah.

Hal itu dikatakan Gaspar Baru, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat kabupaten Tambrauw, Papua Barat dalam sambutan atas nama pemerintah daerah sebelum melantik Badan Pengurus Harian, Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Tambrauw (BPH-IPMT) Yogyakarta, Sabtu (28/03) malam di asrama mahasiswa Tambrauw.

Menurut Gaspar, pentingnya penguatan softskill adalah karena orang berpendidikan terutama sarjana lebih memikirkan untuk mengejar Pegawai Negeri Sipil (PNS), sementara pada sektor ekonomi menengah ke bawah yang seharusnya menjadi prioritas dilupakan.

“Mahasiswa harus memperkuat softskill karena ruang ini banyak diambil oleh pendatang sedangkan kita cuma mengejar PNS atau DPRD. Watak tersebut harus segera digantikan dengan menjadi mahasiswa yang hadir sebagai agen of change bukan agen pengkonflik,” ungkapnya di hadapan mahasiswa Tambrauw

“Kasihan masyarakat, karena mereka yang menjadi korban dengan situasi ini, maka hadirlah sebagai orang yang benar-benar membawa perubahan bagi Tambrauw secara khusus dan Papua secara umum.”

Gaspar mengaku jika saat ini pemerintah daerah lebih fokus untuk mengejar ketertinggalan dalam pembangunan dengan membangun infrastruktur, ekonomi, pendidikan maupun kesehatan, sehingga perhatian pemerintah ke mahasiswa untuk mengurangi beban pendidikan selama ini berjalan tidak maksimal.

Sebagaimana tema dalam kegiatan ini “Satu hati, satu pikiran untuk Tambrauw dan dari Tambrauw untuk Papua”, ketua terpilih dalam Rapat Umum Anggota (RUA), Cosmas Sedik mengatakan, banyak persoalan yang sedang terjadi pada setiap daerah di Papua mempunyai persoalan yang sama, sehingga membutuhkan persatuan, sinergitas serta kerjasama mahasiswa sebagai agen of change untuk melakukan perubahan di Tambrauw dan Papua secara umum dalam bingkai NKRI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *