Menteri Perhubungan Akan Beri Bantuan Bus untuk Papua

by
Menteri Perhubungan Ignasius Jonan

JAYAPURA, TruePapua.com – Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Papua, Yusuf Yambe, mengatakan, Tahun ini, Kementerian Perhubungan menjanjikan bantuan Bus kepada Pemerintah Provinsi Papua. Dikatakannya, Kementerian Perhubungan RI tahun ini memiliki program bantuan 1.000 bus. Jadi, berapa bantuan bus untuk Papua, saya sendiri belum tau, tetapi dalam pertemuan di Jakarta kemarin, Pak Menteri Perhubungan Ignasius Jonan sudah janji akan berikan,’’ kata Yusuf Yambe kepada wartawan di Kantor Gubernur Dok II Jayapura, kamis kemarin.

Mantan Kadis PU Kabupaten Jayapura itu kembali menjelaskan, bantuan bus dari Kemenhub untuk seluruh provinsi, tetapi khusus untuk Papua kami sudah minta ke Pak Menteri sebanyak 20 unit bus. Terkait dengan permintaan 20 unit bus itu, kata Yusuf, Papua akan menjadi tuan rumah PON XX Tahun 2020. Jadi, itu baru permintaan, diberikan berapa kita terima saja,’’ jelasnya. Masih menurutnya, jika bantuan dari Kemenhud sudah tiba di Jayapura, kebijakan daerah mana saja yang akan mendapatkan bus, itu menjadi kebijakan Gubernur Papua.

Ditanya apakah bantuan bus akan diprioritaskan ke lima wilayah di Papua yang akan menjadi tuan rumah PON, Yusuf kembali mengaku bahwa, bukan lagi wewenangnya untuk membagi-bagi bantuan bus tersebut. ‘’Biarlah nanti pak Gubernur yang menentukan daeran mana saja, karena kita juga belum tau berapa banyak bantuan bus yang kita dapat, serta modelnya bagaimana, karena itu bantuan Kemenhub kita tunggu dan terima saja,’’ urainya. Sementara itu, Staff Khusus Menteri Perhubungan Hadi M Djuraid di Kantor Kementerian Perhubungan, menjelaskan, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan tak akan mengalokasikan satu bus pun di Jawa. Katanya, tak memberikan alokasi bus di Jawa demi pemerataan pembangunan. Pasalnya kata Hadi, Jonan menilai wilayah di luar Jawa lebih membutuhkan adanya tambahan transportasi termasuk bus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *