Achmad Baidowi Tegaskan di PPP Tidak Ada Mahar Politik

by
Wakil Sekjen PPP, Ahmad Baidowi

Wakil Sekjen PPP, Ahmad Baidowi mengatakan partainya tidak meminta mahar politik terhadap bakal calon kepala daerah yang hendak diusung untuk maju di Pilkada Serentak 2018.

“Tidak ada mahar untuk PPP,” kata Baidow kepada wartawan.

Anggota DPR RI ini menjelaskan memang ada biaya politik yang dikeluarkan oleh pasangan calon kepala daerah, namun biaya itu bukan untuk partai politik tapi digunakan keperluan kampanye pasangan calon tersebut.

“Soal besaran biaya tergantung daerahnya, yang penting bagi PPP ditanyakan kesanggupan untuk konsolidasi pemenangan,” ujar anggota Komisi II DPR ini.

Sebab, kata Baidowi, jangan sampai pasangan calon diusung tiba-tiba tidak ada biaya untuk melakukan konsolidasi dan sosialisasi sehingga ngos-ngosan di tengah jalan.

“Kami tidak tahu wujud uangnya, karena paslon yang menyiapkan untuk kepentingan pemenangannya,” jelas dia.

Menurut dia, uang yang dikeluarkan pasangan calon sejak pasang baliho, pasang iklan di media yang membutuhkan dana, waktu sosialisasi mengundang orang pasti butuh biaya untuk konsumsi.

“Yang begitu-begitu kan tidak mungkin dibebankan ke parpol,” katanya.

Ia mengaku tidak ada partai berlambang Ka’bah melakukan sumbangan untuk pasangan calon kepala daerah, karena partai politik tidak punya uang. Sebab, untuk menghidupinya saja pakai dana banpol dan iuran anggota dewan.

“Kepentingan pilkada bagi parpol kepada calon adalah memanaskan mesin politik sampai tingkat desa/kelurahan, ketika konsolidasi melibatkan struktur parpol hingga tingkat desa. Itu sudah bagus,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *