,

Sarat Makna, Pembukaan Asian Para Games 2018 Patut Diapresiasi

by

Oleh: Faiz Miftahul*

Masih ingatkah Anda dengan pembukaan Asian Games yang sangat megah, elegan dan kental dengan budaya Indonesia? Ya, pembukaan Asian Games ini banyak menyita perhatian masyarakat indonesia maupun mancanegara. Hal ini berkat kerja keras anak negeri yang mampu menciptakan sebuah pembukaan yang sangat luar biasa ini.

Namun, kemegahan pembukaan ini tidak hanya terjadi pada Asian Games saja, kemegahan juga turut mewarnai pembukaan Asian Para Games 2018 yang digelar beberapa malam yang lalu. Sama halnya dengan Asian Games 2018, Asian Para Games juga dilaksanakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Dengan konsep pembukaan yang sangat kental dengan unsur kebudayaan Indonesia, membuat semua penonton yang menyaksikannya merasa terkagum-kagum. Hal inilah yang menjadikan banyak orang memberikan apresiasi yang tinggi untuk pembukaan acara ini.

Menurut Associate Creative Director & Set Designer Asian Para Games 2018 yakni Jay Subiyakto, menyebutkan bahwa konsep yang diusung pada pembukaan kali ini untuk menunjukkan bahwa kaum disabilitas bukanlah kaum yang memiliki kekurangan. Namun, mereka juga memiliki banyak kelebihan yang mungkin tidak dimiliki oleh manusia normal pada umumnya.

Adanya Asian Para Games ini juga dijadikan sebagai sarana apresiasi untuk memberikan semangat kepada kaum disabilitas, bahwa tidak hanya mereka yang normal saja yang bisa ikut berjuang mengharumkan nama bangsa di kancah Internasional.

Pembukaan acara Asian Para Games sendiri dimulai dengan banyaknya penari yang juga membawa atribut seperti masjid, gereja, Monas, Candi Borobudur, dan masih banyak lainnya, yang menandakan bahwa Indonesia adalah negara yang menjunjung tinggi nilai kebudayaan.

Selain itu, banyak orang yang tidak percaya dan merasa kaget saat menyaksikan pembukaan acara Asian Para Games 2018 baik di GBK maupun pemirsa di rumah. apalagi pada saat Presiden Jokowi ikut turun ketika salah satu Atlet datang dan meminta beliau untuk memanah.

Pemandangan ini adalah pemandangan yang langka dan sangat mengharukan. Pada saat itu pula banyak warga masyarakat Indonesia yang berseru sambil memanggil nama Jokowi. Bahkan, Presiden Asian Paralympic juga turut memberikan apresiasi yang tinggi untuk acara pembukaan yang sangat meriah dan spesial.

Beliau secara langsung mengatakan, “Saya pikir acara ini bagus, indah, bagian paling spesialnya adalah ketika Presiden Joko Widodo membuat semua orang kaget ketika beliau turun dari tribun dan memanah bersama atlet”.

Apresiasi ini juga tidak hanya diberikan kepada Presiden Jokowi saja, namun juga diberikan kepada seluruh warga Indonesia terutama yang hadir secara langsung untuk menyaksikan pembukaan Asian Para Games 2018.

Beliau juga menceritakan pengalamannya saat ia datang pertama kali di Indonesia. Kedatangan beliau disambut dengan sangat ramah oleh masyarakat Indonesia tanpa ada diskriminasi sedikit pun.

Beliau juga mengungkapkan bahwa Jakarta dan Indonesia juga sudah menjadi salah satu tempat yang baik, terutama dalam menyikapi kaum disabilitas. Oleh sebab itu, beliau juga mengucapkan banyak berterima kasih kepada seluruh panitia dan masyarakat Indonesia yang turut memeriahkan acara Asian Para Games 2018 ini.

Ternyata apresiasi ini tidak hanya diberikan oleh Associate Creative Director & Set Designer Asian Para Games 2018 saja. banyak ula warga negara Indonesia yang turut memberikan apresiasi pada acara bergengsi ini.

Banyak warga masyarakat Indonesia yang merasa terharu sekaligus takjub dengan pembukaan acara Asian Para Games. Apalagi pada saat membacakan pancasila dimana pancasila dibacakan dengan menggunakan bahasa Isyarat.

Yang lebih merindingnya lagi adalah ketika pengibaran Bendera Merah Putih dan saat menyanyikan lagu Indonesia Raya, ikut andil para murid SD tuna wicara dan semua penari menggunakan bahasa Isyarat dalam menyanyikan lagu kebangsaan ini.

Sebuah pemandangan yang sangat luar biasa yang menguras emosi semua penonton yang menyaksikannya. Tentunya, pembukaan Asian Para Games 2018 tidak akan berhasil dan sesukses ini tanpa ada dukungan dari masyarakat Indonesia dan Pemprov jakarta sebagai penyelenggara.

Selain itu, apresiasi juga diberikan kepada segenap tim panitia dan tim kreatif yang telah mengemas sebuah pertunjukkan yang sangat luar biasa untuk disaksikan. Sebagai warga Indonesia sudah sepantasnya kita bangga dan turut memberikan apresiasi dan dukungan untuk Para atlet yang berjuang untuk mengharumkan nama bangsa ini di mata dunia.

Pembukaan Asian Paragames yang meriah tersebut diharapkan tidak hanya menjadi hiburan semata, namun juga memotivasi masyarakat Indonesia untuk menyaksikan langsung atlet Indonesia yang bertanding di Asian Para Games 2018.

* Penulis adalah mahasiswi IAIN Kendari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *